Rabu, 03 April 2013

Website perusahaan distribusi hotel yang menerapkan komputasi modern



Kali ini akan saya sampaikan mengenai website suatu perusahaan yang menerapkan komputasi modern. Website yang menjadi bahan pembahasan saya adalah website perusahaan distribusi hotel di Indonesia yaitu Agoda. Sebelumnya lebih lanjut membahas websitenya saya akan sedikit membahas tentang komputasi modern.


Komputasi modern adalah proses perhitungan untuk memecahkan masalah dari input,menggunakan algoritma yang ada pada alat yang mengikuti perkembangan zaman, yaitu komputer. Sebelum pada masa modern ini proses komputasi dilakukan dengan cara manual dengan menggunakan pena dan kertas atau kapur dan batu tulis dan kadang-kadang menggunakan tabel. Adapun karakteristik dari komputasi modern :

- Terdiri dari perangkat keras, Sistem Operasi dan aplikasi-aplikasi untuk mendukug komputasi modern.

- Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas.

- Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, maksudnya bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.


Ada 3 jenis komputasi modern, yaitu :

- Mobile Computing atau Komputasi Bergerak

- Grid Computing


- Cloud Computing 






Demikian sedikit penjelasan tentang komputasi modern, berikutnya saya akan memberikan contoh website perusahaan distribusi hotel di Indonesia yang menerapkan komputasi modern, dan nama websitenya adalah http://www.agoda.com/. 






Tampilan awal website :






Saat pertama kali membuka halaman awal website tersebut akan tampil halaman seperti diatas, pengguna dapat membuat dan memiliki akun pada website ini untuk mempermudah pemesanan kamar hotel. Jadi sebelum melakukan pemesanan pengguna dapat log in ke akun yang sudah dimiliki atau jika ingin membuat akun pengguna dapat mendaftarkanya. Untuk memilih kota dan hotel yang diinginkan, pengguna dapat mengisikan informasi seperti tanggal, kota dan warga negara pada kolom cek harga yang ada pada bagia sebelah kiri. Pada halaman beranda ini juga terdapat beberapa penawaran dan diskon menarik. 







Tampilan diatas merupakan selanjutnya setelah mengisi beberapa informasi untuk mencari hotel, akan tampil beberapa daerah di kota yang telah diisi sebelumnya beserta informasi berapa banyak hotel yang ada pada daerah tersebut. 









Setelah memilih daerah dari kota yang telah terpilih akan tampil beberapa nama-nama hotel berikut dengan harga yang ditawarkan, alamat dan foto hotel akan ditampilkan pada daerah yang telah dipilih sebelumnya.





Jika pengguna memilih salah satu dari hotel-hotel yang ditawarkan maka akan tampil halaman seperti diatas, halaman tersebut menampilkan ketersediaan kamar pada tanggal yang dipilih, jenis kamar, fasilitas yang disediakan dari hotel tersebut, alamat hotel dan harga per kamar. 













Jika ingin melanjutkan ke proses pemesanan maka akan tampil halaman seperti di atas, pada halaman tersebut penggua diminta untuk mengisikan data pemesan sebagai kelengkapan. 








Jika data sudah lengkap proses selanjutya adalah proses pembayaran, pengguna diminta memilih model pembayaran dan mengisi semua data yang diperlukan untuk proses pembayaran. Setelah meyelesaikan proses pembayaran pegguna akan dikirimkan bukti pembayaran yang nantinya akan diperlihatkan pada hotel yang dipilih. 



Komentar tentang website agoda :


Menurut saya website ini cukup praktis dan mudah untuk dimengerti. Tahap per tahap halaman pada website ini juga tidak rumit dari proses pencarian sampai prose pembayaran. Tampilan nya pun menarik, terutama di bagia beranda atau tampilan awal website dengan menampilakan tempat-tempat yang paling serig dikunjugi da beberapa informasi lain yang berguna. Website ini juga menyediakan beberpa bahasa jadi pengguna dapat memilih bahasa sendiri untuk mengakses website tersebut. Kelebihan dari website ini pu terletak pada alamat untuk masing-masing hotel yang dilengkapi oleh peta. Kekurangan dari website ini hanya pada halaman awal tidak menampilkan promosi harga-harga yang menarik dan metode pembayaran hanya melalui kartu kredit pada masa sekarang ini masyarakat sangat dekat dengan internet jadi metode pembayaran bisa lebih menarik peminat dengan melalui internet bangking. Penyimpanan data pengguna dan proses penghitungan harga total yang harus dibayarkan untuk menyewa hotel pada website ini tentunya mengguakan komputasi modern. 




Dibuat oleh

Marlina Febriyanti

55409306


































Tidak ada komentar:

Posting Komentar